Tidak Main-Main, Inilah Alasan Penting Wajib Punya Asuransi Jiwa

Di era modern ini, sudah banyak fasilitas yang bisa dinikmati dan sangat menguntungkan. Produk perlindungan risiko juga sudah tersedia. Asuransi jiwa sebagai produk pertanggungan risiko finansial juga sudah banyak ditawarkan. Melalui produk ini, persiapan dana pertanggungan untuk keluarga bisa meringankan beban ketika Anda meninggal dunia atau mengalami kecacatan.

Keutamaan Mempunyai Asuransi Jiwa

Persiapan sangatlah penting untuk memberikan kemudahan di kemudian hari. Mempunyai asuransi juga menjadi salah satu persiapan yang tepat untuk masa depan. Itulah yang saya pahami dari pentingnya mempunyai asuransi jiwa mulai dari sekarang. Besaran premi juga bisa disesuaikan dengan kemampuan. Selengkapnya, inilah keutamaan mempunyai asuransi jiwa.

  1. Mendapatkan Dana Pertanggungan

Dana pertanggungan atau premi akan diperoleh nasabah ketika mengajukan klaim. Klaim tersebut berupa meninggal dunia, mengalami cacat, ataupun mengalami risiko kesehatan lain yang tentunya masuk pertanggungan karena terkait dengan keselamatan jiwa. Mengenai besaran premi yang harus dibayarkan, Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansial.

Rincian pertanggungan yang tertulis dalam polis akan dipenuhi jika terjadi klaim. Jadi, semua kebutuhan akan terpenuhi dengan persiapan sejak dini. Risiko di masa depan bisa ditangani dengan tepat melalui asuransi jiwa.

  1. Mendapatkan Layanan Kesehatan

Risiko utama yang ditanggung oleh asuransi jiwa adalah risiko finansial akibat meninggalnya nasabah. Karena menyangkut keselamatan jiwa, terdapat penanggungan kesehatan yang menyangkut pemeriksaan, perawatan, dan biaya obat yang sudah diterima nasabah selama mengalami risiko kesehatan, entah itu sampai meninggal dunia atau tidak.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa manfaat asuransi jiwa juga dalam bentuk layanan kesehatan. Hal ini terdapat dalam produk asuransi jiwa yang menghendaki adanya tambahan manfaat asuransi. Jadi, usahakan Anda membaca ketentuan jenis pertanggungan asuransi jiwa.

  1. Memperoleh Dana Tunai untuk Keluarga

Saat terjadi klaim utama yaitu nasabah meninggal dunia, asuransi jiwa memberikan seluruh premi yang sudah dibayarkan nasabah kepada keluarga. Hal ini disebut manfaat dana tunai. jadi, seluruh premi yang sudah dibayar dikurangi dengan biaya pemakaman, biaya penutupan polis, dan lain-lain, dapat menanggung risiko finansial anggota keluarga yang menjadi tanggungan nasabah.

Dengan demikian, dana tersebut dapat menjadi sumber memenuhi kebutuhan bagi anggota keluarga yang ditinggalkan. Kebutuhan hidup untuk beberapa masa ke depan sudah terjamin dengan adanya dana asuransi jiwa tersebut.

  1. Memperoleh Nilai Tambahan Investasi

Investasi merupakan suatu cara menambah pemasukan di era modern ini. Keutamaan jika mengikuti asuransi jiwa adalah memperoleh tambahan nilai investasi. Premi asuransi jiwa yang diinvestasikan oleh perusahaan ke pelaku bisnis yang menguntungkan, bisa menambah pemasukan. Keuntungan investasi tersebut akan menambah jumlah dana pertanggungan.

Beragam Jenis Asuransi Jiwa

Saat memilih membuka asuransi jiwa, saya memikirkan produk yang tepat mengingat banyaknya jenis produk yang ditawarkan. Pada akhirnya, saya mengutamakan asuransi jiwa yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial dari perusahaan terpercaya. Kelengkapan fasilitasnya juga diperhitungkan. Sebagai referensi, inilah beberapa jenis asuransi jiwa.

  1. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole life Insurance)

Jenis produk asuransi jiwa pertama adalah mempunyai masa pertanggungan seumur hidup, artinya sampai meninggal dunia. Asuransi ini lebih dikenal dengan istilah asuransi jiwa whole life. Pertanggungan yang berlangsung seumur hidup ini yaitu sampai nasabah berusia 99 atau 100 tahun, tentu mempunyai masa pembayaran premi lebih lama.

Dalam asuransi jiwa seumur hidup ini, dana pertanggungan atau premi yang sudah dibayarkan tidak akan hangus meskipun tidak mengajukan klaim. Total premi akan dikembalikan sesuai dengan jumlah yang sudah dibayarkan dikurangi dengan biaya lain sesuai kesepakatan.

  1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Jenis asuransi kedua adalah asuransi jiwa berjangka atau term life insurance. Produk ini mempunyai pertanggungan tidak seumur hidup, tetapi dalam jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh nasabah. Pertanggungan ini murni sebagai proteksi risiko finansial jika nasabah meninggal dunia. Jadi, premi hanya akan dicairkan apabila terjadi klaim nasabah meninggal dunia.

Lama waktu yang ditetapkan dalam asuransi jiwa berjangka di antaranya 5 tahun, 10 tahun, ataupun 20 tahun. Akan tetapi, Anda tetap harus melihat ketentuan yang ditetapkan perusahaan asuransi mengenai pilihan jangka waktunya. Jika memilih asuransi ini, maka harus siap jika uang hangus ketika dalam masa pertanggungan tersebut nasabah tidak meninggal dunia.

  1. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Jenis asuransi jiwa berikutnya menawarkan 2 keuntungan. Terdapat kolaborasi manfaat dalam asuransi jiwa dwiguna yaitu untuk asuransi berjangka dan tabungan pendidikan anak, kesehatan, dan dana pensiun. Jadi, terdapat manfaat tambahan yang diperoleh melalui asuransi jiwa dwiguna. Untuk nasabah, terdapat manfaat hidup yang bisa dirasakannya melalui manfaat tambahan itu.

  1. Asuransi Unit Link (Unit Linked Insurance)

Produk yang terakhir adalah asuransi unit link yang menggabungkan investasi dengan asuransi jiwa. Terdapat tambahan nilai investasi yang cukup menjanjikan dengan produk asuransi ini. Premi asuransi jiwa unit link ini memang diikutsertakan dalam investasi oleh perusahaan asuransi, namun kerugiannya ditanggung nasabah.

Sequis, Penyedia Asuransi Jiwa Terbaik

Banyaknya penawaran produk asuransi jiwa tersebut membuat saya harus mencermati kembali produk manakah yang seharusnya saya ikuti. Akhirnya, saya memilih asuransi jiwa seumur hidup dengan pertimbangan dana tidak hangus dan terdapat masa pertanggungan yang lama. Akan tetapi, kembali lagi pada kebutuhan dan kemampuan finansial, Anda bisa pilih produk lainnya.

Sebagai perusahaan asuransi yang sudah dikenal baik, Sequis menyediakan asuransi jiwa whole life dan term life. Asuransi jiwa seumur hidup dari Sequis ada 4 macam. produk pertamanya adalah Asuransi Life Plan 100 yang mempunyai masa pertanggungan sampai nasabah berusia 100 tahun. Asuransi ini juga bisa dikombinasikan dengan asuransi tambahan. Fasilitasnya juga lengkap.

Produk berikutnya adalah Q Smart Life yang mempunyai masa perlindungan sampai 100 tahun dengan masa pembayaran premi selama 10 tahun dan 20 tahun. Anda bisa pilih salah satu dari masa pembayaran tersebut.

Financial Smart Life adalah produk asuransi jiwa berikutnya yang mempunyai uang pertanggungan sampai Rp250.000.000,00. Premi yang ditetapkan adalah mulai dari Rp2.500,00 setiap harinya. Untuk masa pembayarannya, produk ini mempunyai ketentuan mulai dari 10 tahun.

Q Life Legacy adalah produk asuransi jiwa seumur hidup dengan masa perlindungan sampai nasabah berusia 100 tahun. Premi yang ditetapkan mempunyai nilai tetap dan masa pembayarannya ditentukan sendiri oleh nasabah.

Selain produk asuransi jiwa seumur hidup, terdapat asuransi term life yang disediakan Sequis. Anda bisa memilih Protection Cash Back atau Sequis Dana Rencana. Protection Cash Back ini mempunyai masa pembayaran premi mulai dari 5 tahun dengan masa pertanggungan sampai 20 tahun. Nilai preminya mulai Rp4.200,00 setiap harinya.

Sequis Dana Rencana ini mempunyai 4 fasilitas yang bisa dimanfaatkan nasabah. Premi asuransi ini akan dibayarkan sepenuhnya jika dalam masa pertanggungan nasabah meninggal dunia. Selama masih hidup dan dalam pertanggungan, nasabah mempunyai manfaat memenuhi kebutuhan dana persiapan naik haji dan dana pensiun.

Produk asuransi jiwa memang disediakan untuk memberikan pertanggungan kepada nasabah melalui premi yang dibayarkan. Proses pembuatan rekening asuransi juga tidak sulit, bahkan kini sudah tersedia asuransi jiwa online yang siap melayani kapanpun. Semua proses dapat berjalan lancar dengan catatan, Anda memilih jenis produk dan perusahaan asuransi yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *